Faktor-faktor Keberhasilan dan Kegagalan Peluang Usaha

 


1) Faktor Keberhasilan Peluang Usaha
Menurut Hendro (2006: 12), faktor-faktor keberhasilan sebuah peluang usaha adalah sebagai berikut.
a. Peluang memenuhi ciri-ciri peluang usaha yang baik, bukan sekedar ide usaha atau baru sekedar inspirasi saja.
b. Peluang itu berasal dari hubungan yang bersiergi antara wirausaha dan usaha yang dijalankan, pasar, serta produk yang dihasilkan.
c. Peluang itu memliki tingkat risiko kegagalan kecil bila dijalankan. Dalam artian tingkat visibilitasnya telah diperhitungkan dengan waktu saat diluncurkan di pasar.
d. Produk yang dihasilkan dari peluang itu telah diuji pasar, seperti hal-hal berikut.
- Seberapa besar tingkat kebutuha tersebut di pasar.
- Seberapa tinggi tingkat kontinuitas kebutuhan akan produk tersebut.
- Mengapa orang enggan membeli dan menggunkan produk tersebut.
e. Produk yang akan dihasilkan dari peluang tersebut mengikuti tren (kecenderungan) perubahan pasar.
f. Produk yang akan dihasilkan dari peluang itu dapat terus menerus diinovasi dan ditingkatkan kualitasnya.

2. Faktor Kegagalan Peluang Usaha
Agar peluang usaha dapat diminimalisir risikonya, maka perlu diketahui mengenai faktor yang menyebabkan kegagalan usaha. 

Menurut Hendro (2006: 13), fakor-faktor kegagalan sebuah peluang usaha adalah sebagai berikut.
a. Peluang itu bersifat jangka pendek karena kebutuhan pasar bersifat musiman dan tidak kontinu (sesaat).
b. Peluang itu sudah kadaluwarsa atau telah ada orang yang memulai usaha tersebut.
c. Peluang itu lewat begitu saja karena tidak segera diambil keputusan untuk memulainya.
d. Peluang itu tidak berasal dari hubungan yang sinergis antara wirausaha dan usaha yang dijalankan, pasar, serta produk yang dihasilkan.
e. Produk yang dihasilkan dari peluang itu tidak melalui uji pasar yang akurat sehingga terjadi hal-hal berikut.
- Produk tidak laku di pasar karena tingkat kebutuhan kecil atau penetapan harga jual yang terlalu tinggi.
- Produk terlihat sudah kuno (out of date) karena terjadi perubahan kebutuhan atau munculnya teknologi baru.
- Produk mudah ditiru orang lain.





Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Website

Profil Pelajar Pancasila

Pemasaran di era Industry 4.0