Kerajaan Kutai

SEJARAH KERAJAAN KUTAI/ KUTEI, KERAJAAN TERTUA DI NUSANTARA ± 400 MASEHI


(Sumber Gambar: https://www.mikirbae.com/) 

Di aliran Sungai Mahakam, di Kalimantan Timur dekat Muarakaman, terdapat batu bati bersurat/ yupa. Tugu peringatan upacara kurban, digunakan sebagai tiang, tempat menambatkan hewan kurban berhuruf Pallawa (India Selatan), berbahasa Sansekerta/ Sangsekerta. 

Yupa yupa tersebut menjelaskan Raja pertama Kudungga (bukan nama India). Kudungga memiliki putra Aswawarman yang disebut Wamsakerta/ pembentuk keluarga. Ia punya tiga putra, yang terkenal ialah Mulawarman. 

Aswawarman dan Mulawarman berasal dari bahasa Sansekerta, jadi mereka orang Indonesia Aseli yang sudah memeluk agama Hindu. 

Yupa yupa tersebut didirikan Mulawarman sebagai peringatan Raja twlah memberikan kurban besar. Dalam sebuah prasasti disebutkan, Mulawarman seorang Raja Besar yang sangat mulia dan baik budinya. Kebaikannya diwujudkan dalam pemberian sedekah yang banyak sekali. 

Oleh kebaikan tersebut, tugu didirikan Para Brahmana sebagai peringatan. 

Dalam prasasti disebutkan; Sang Mulawarman Raja yang mulia terkemuka, telah memberi sedekah 1000 ekor sapi. 

Dari letak Kutai pada masa itu, lalu lintas perdagangan dari India juga melalui Selat Makasar . Jalur perdagangan itu sampai ke Philipina dan mungkin terus ke China. Kapal kapal dari India yang melalui Selat Makasar singgah ke Kutai dan selama hubungan itu berlangsung Kerajaan Kutai berkembang. 

Post a Comment

Previous Post Next Post