Kerajaan Tarumanegara

SEJARAH KERAJAAN TARUMANEGARA ± ABAD KE-5 MASEHI


(Sumber Gambar: https://www.merdeka.com/jateng/5-fakta-sejarah-berdirinya-kerajaan-tarumanegara-salah-satu-yang-tertua-di-nusantara.html) 

Kerajaan Tarumanegara berada di Jawa Barat. Tarumanwgara dari kata Tarum yang berarti Nila. 

Rajanya Purnawarman adalah Raja yang baik dan bijak. Dari prasasti disebutkan usahanya dalam pembuatan irigasi untuk pertanian, dengan menggali Sungai Gomati seoanjang 12 km selesai dalam 21 hari. Irigasi yersebut juga untuk mengurangi banjir. 

Prasasti Ciareuteun ± tahun 450 M disebutkan; Inilah telapak kaki yang mulia Sang Purnawarman, Raja Negeri Taruma yang gagah berani, yang menguasai dunia sebagai telapak Dewa Wisnu. 

Prasasti Kerajaan Tarumanegara ada 7, lima di daerah Bogor, yakni di Ciarateun, Kebon Kopi, Jambu, Pasir Awi dan Muara Cianten. Swbuah di daerah Tuhmgu di Cilincing Jakarta. Swbuah di desa Lebak tepi Sungai Cidang hiang Kecamatan Munjul, Banten Selatan. Prasasti prasasti tersebut berhuruf Pallawa berbahasa Sansekeeta, ditulis dalam bentuk syair. 

Selain prasasti, sumber lain berasal dari berita China oleh Fahien. Diketahui Fahien orang China beragama Budha. Dalam perjalanan pulang dari India, ia tersesat ke Ye - po - ti karena angin taufan. Ini ± 414 M. Menurut agli, Ye - po - ti ialah pulau Jawa/ Jawa Dwipa (diperkirakan Jawa Barat) Fahien tinggal disini selama ± 5 bulan. 


Post a Comment

Previous Post Next Post