Elemen Dasar Website



a. Header
Ada Dua Header dalam laman website:
  1. Header laman website (interface) : Bagian paling atas sebuah laman web yang yang berisi judul website, logo, dan navigasi. Dalam sebuah website, header selalu ada di tiap lamannya secara statis.
  2. Header dokumen web

b. Content Section
Merupakan isi utama dari laman yang dibuka. Misalnya jika di laman awal (index) sebuah website, contnt section akan berisi daftar artikel yang tersedia di website tersebut. Akan tetapi jika laman artikel/ post yang dibuka, content section akan menampilkan isi dari sebuah artikel. Pada umumnya, content section berisi judul artikel, tanggal publikasi artikel, penulis artikel, isi artikel, kategori, dan kata kunci.

c. Sidebar
Adalah kolom sekunder yang ada di laman web selain kolom konten utama. Biasanya posisi sidebar ada disamping content section. Dalam sebuah laman web, sidebar bisa berada satu hingga dua, bisa di kedua sisi atau salah satu sisi. Di dalam sidebar kita bisa melihat menu navigasi atau fitur lain seperti tautan, artikel baru, atau teks biasa.

d. Footer
Adalah bagian akhir dari laman web dan terletak di paling bawah. Sama halnya seperti header, footer bersifat statis; setiap laman memiliki footer yang sama. Hal-hal umum yang ada didalam footer adalah keterangan hak cipta dan alamat organisasi.


Post a Comment

Previous Post Next Post