SOAL PENGEMASAN DAN PENDISTRIBUSIAN PRODUK

Pengemasan memegang peranan yang sangat penting didalam pengawetan dan penyimpanan, hal ini dikarenakan pengemasan .....
a. Dapat mencegah atau mengurangi kerusakan bahan
b. Menambah keindahan  bahan yang dikemas
c. Menambah nilai ekonomis
d. Meningkatkan kualitas bahan yang dikemas
e. Meningkatkan kapasitas produksi

Keberatan calon pelanggan yang ditunjukkan tidak jadi membeli barang karena kurang cocok modelnya adalah ...
a. Penolakan
b. Celaan
c. Penilaian
d. Perbandingan
e. Ketidaksanggupan membayar

Jenis bahan baku pengemas sekunder adalah, kecuali .....
a. besi 
b. kayu 
c. plastik 
d. karton 
e. bambu

Untuk melakukan penyerahan / pengiriman produk, terlebih dahulu dijelaskan apa yang perlu dipersiapkan. Persiapannya adalah ...
a. Pihak pengirim memberitahukan persyaratan yang harus dipenuhi kedua  belah pihak yaitu tujuan pengiriman,  waktu dan biaya.
b. Sebelum pengiriman dilakukan konfirmasi terlebih dahulu terhadap pelanggan mengenai penjelasan barang yang dikirim atau diserahkan.
c. Setiap perusahaan harus menyimpan barang-barang di gudang lalu menghubungi pelanggan untuk segera dikirim.
d. Perusahaan menerapkan SOP pengiriman yang ditetapkan perusahaan tanpa konfirmasi kepada pelanggan.
e. Perusahaan memberikan informasi yang saling menguntungkan lalu mengirimkan barang pesanan

Berikut ini fungsi dari pengemasan, kecuali ….
a. mewadahi bahan sehingga tetap bersih dan terlindung dari kontaminan
b. melindungi bahan dari kerusakan fisik, mekanik, kimiawi, dan mikrobiologis
c. memudahkan selama proses pengawetan dan distribusi
d. sebagai daya tarik bagi konsumen
e. memudahkan selama proses pengolahan

Dibawah ini merupakan proses pengiriman / penyerahan produk kepada pelanggan dengan cara...
1. Siapkan dokumen penyerahan barang seperti : surat jalan, surat tanda bukti penerimaan barang, faktur / nota kontan/kwitansi ( jika dibayar )
2. Jika barang sudah siap, lakukan kontak dengan pembeli bahwa barang telah siap untuk dikirim dan buat perjanjian waktu pengiriman
3. Pastikan alamat lengkap sudah cukup jelas bagi pengantar barang
4. Periksa tanggal dan waktu pengiriman
Urutan yang benar sesuai dengan pola pengiriman ditempat pembeli adalah...
a. 1-4-2-3
b. 2-4-3-2
c. 3-2-4-1
d. 4-3-2-1
e. 4-1-3-2

Pengertian pengemasan yang lebih komprehensif untuk strategi bersaing oleh suatu perusahaan adalah ....
a. pembungkusan dengan menggunakan kertas, plastik, aluminium foil, dan sebagainya
b. suatu fungsi teknokomersial yang ditujukan untuk mengoptimalkan biaya delivery serta memaksimalkan penjualan dan keuntungan
c. suatu sistem yang terkoordinasi dalam kegiatan penyiapan komoditas sehingga layak untuk ditransportasikan, didistribusikan, disimpan, dijual eceran, dan disampaikan pada pengguna akhir
d. suatu alat yang dipakai untuk memastikan penyampaian produk ke konsumen akhir dalam kondisi yang dapat diterima dan dengan biaya yang optimal
e. suatu saluran untuk menyampaikan produk dari produsen ke konsumen

Dalam distribusi barang banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Berikut merupakan pertimbangan barang dalam distribusi ritel, yaitu...
a. Luasnya lini produk
b. Sumber pembelanjaan
c. Pengawasan saluran
d. Kegunaan perantara
e. Volume penjualan

Fungsi kemasan ketika produk pangan dapat dipindahkan adalah fungsi ....
a. memberi karakter efisien dan ekonomis
b. memberi kenyamanan
c. pewadah
d. perlindungan
e. identitas produk

Saluran ini sangat membatasi perantara produk demi menjaga kualitas produk dan menjaga harga produk agar tetap tinggi. Biasanya ada perjanjian antara produsen dengan perantara utama sebagai pemegang lisensi. Hal ini termasuk distribusi...
a. Selektif
b. Ekslusif
c. Intensif
d. Obyektif
e. Subyektif

Fungsi kemasan yang membuat produk tahan terhadap benturan fisik, seperti goyangan, jatuhan, gesekan, dan getaran, adalah fungsi ....
a. pewadah
b. memberi kenyamanan
c. memberi karakter efisien dan ekonomis
d. perlindungan
e. memperluas pemakaian dan pemasaran produk

Apabila pelanggan telah menyukai produk yang ditandai dengan meraba, mencoba, dan melihat harganya, maka seorang penjual harus melakukan konfirmasi untuk memotifasi calon pelanggan kearah pembelian dengan memberikan pertanyaan berupa...
a. Apakah ibu menginginkan barang ini ?
b. Seandainya boleh tahu siapa nama ibu ?
c. Ada beberapa pilihan, ibu menyukai warna apa?
d. Apakah ibu cocok dengan harganya?
e. Apakah ibu menyukai kualitas barang ini?

Perubahan ukuran kemasan dari ukuran produksi menjadi berbentuk dan berukuran yang mudah digunakan dan diinginkan konsumen, yaitu memberi fungsi ....
a. pewadah
b. perlindungan
c. karakter efisien dan ekonomis
d. ukuran yang sesuai
e. identitas produk

Apa yang dimaksud dengan edible packaging?
a. Kemasan sekali pakai
b. Kemasan yang bisa dimakan
c. Kemasan dari logam
d. Kemasan dari plastik
e. Kemasan dari kaca

Salah satu alasan utama dalam melakukan pengemasan adalah …..
a. Produk yang dikemas dapat lebih awet.
b. Produk yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi
c. Kemasan memenuhi syarat keamanan dan kemanfaatan
d. Kemasan juga dapat berfungsi sebagai media komunikasi suatu citra tertentu
e. Kemasan digunakan sebagai sarana informasi 

Syarat utama kemasan produk yang tidak boleh diabaikan adalah:
a. Beracun
b. Mengganggu kesehatan
c. Menarik perhatian
d. Tidak beracun
e. Berat

Secara umum kemasan memiliki fungsi utama, kecuali …..
a. Melindungi dan mengawetkan produk.
b. Meningkatkan efisiensi.
c. Sebagai identitas produk.
d. Agar lebih menarik konsumen
e. Memudahkan dalam distribusi dan penyimpanan

Kemasan yang dapat dirakit sebelum diisi disebut:
a. Wadah siap pakai
b. Wadah lipatan
c. Kemasan sekunder
d. Kemasan tersier
e. Kemasan fleksibel

Kertas yang digunakan untuk mengemas bahan pangan seperti mentega, margarine, daging dan kopi adalah …..
a. Kertas Glasin
b. Kertas Perkamen
c. Kertas Lilin
d. Kertas Tyvek
e. Kertas Komposit

Salah satu tujuan utama dari kemasan marketing adalah untuk:
a. Melindungi dari suhu ekstrem
b. Memperpanjang masa simpan produk
c. Mendorong calon pembeli untuk membeli produk
d. Memudahkan proses pengangkutan
e. Meningkatkan berat produk

Daya tarik pada kemasan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu …..
a. Estetika dan desain
b. Desain dan Visual
c. Intrinsik dan Ekstrinsik
d. Estetika dan Fungsional
e. Intrinsik dan visual

Kemasan yang melindungi produk dari oksigen dan uap air termasuk kategori:
a. Kemasan hermetis
b. Kemasan tahan cahaya
c. Kemasan kaku
d. Kemasan semi kaku
e. Kemasan sekali pakai

Daya tarik pada kemasan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu daya tarik visual (estetika) dan daya tarik praktis (fungsional), dibawah ini yang termasuk dalam daya tarik visual adalah …..
a. Saos dalam kemasan sachet
b. Mie instan dalam cup
c. air mineral dalam kemasan gelas
d. Roti bolu dengan desain kemasan elegan
e. Kopi instan dalam cup.

Jenis kemasan yang digunakan untuk mengelompokkan beberapa produk dalam satu paket adalah:
a. Kemasan hermetis
b. Kemasan sekunder
c. Kemasan tersier
d. Kemasan primer
e. Kemasan fleksibel

Kemasan yang fungsi utamanya melindungi kelompok-kelompok kemasan lainnya disebut juga sebagai ….
a. Kemasan Primer
b. Kemasan Sekunder
c. Kemasan Luar
d. Kemasan Tersier
e. Kemasan Quartener

Fungsi protektif dari kemasan bertujuan untuk:
a. Menurunkan harga produk
b. Melindungi produk dari kerusakan
c. Menarik perhatian konsumen
d. Meningkatkan jumlah produksi
e. Mengurangi biaya pemasaran

Contoh kemasan yang bersifat kaku adalah ….
a. Plastik dan Kertas
b. Botol plastik dan Kertas
c. Kayu dan Logam
d. Botol Plastik dan Gelas
e. Botol plastik dan logam

Kemasan yang dirancang untuk hanya sekali pakai disebut:
a. Kemasan multitrip
b. Kemasan semi disposable
c. Kemasan disposable
d. Kemasan fleksibel
e. Kemasan tahan cahaya

Berdasarkan Sifat Perlindungan Terhadap Lingkungan, kaleng dan botol gelas tergolong dalam kemasan …..
a. Kemasan Hermetis
b. Kemasan Edible
c. Kemasan non re-cyle
d. Kemasan fleksibel
e. Kemasan biodegradable 

Fungsi utama kemasan dalam pemasaran adalah untuk:
a. Menentukan harga jual produk
b. Memperbaiki kualitas produk
c. Melindungi dan menarik minat konsumen
d. Mengurangi biaya produksi
e. Mengganti produk yang rusak

Pengemas yang paling inert yang memberikan jaminan keamanan dan perlindungan mutu (Dapat mempertahankan warna, aroma, dan cita rasa produk yang dikemas) terhadap produk pangan yang dikemas adalah jenis pengemas……..
a. Kertas      
b. Plastik     
c. Kaleng   
d. Gelas      
e. Daun

Apa yang dimaksud dengan kemasan produk?
a. Proses produksi barang
b. Wadah atau pembungkus fisik produk
c. Sistem distribusi produk
d. Penetapan harga produk
e. Promosi produk di media sosial

Berikut ini yang termasuk keistimewaan pengemas kaca namun tidak termasuk keistimewaan pengemas plastik adalah ……..
a. Ringan                                                                            
b. Transparan (dapat dilihat isinya)
c. Microwaveable
d. Inert
e. Bentuknya fleksibel

Berikut ini yang tidak termasuk di dalam perjanjian jual beli  adalah...
a. Subyek perjanjian jual beli
b. Media iklan yang akan digunakan
c. Pemilihan tempat penyelesaian perselisihan 
d. Penentuan masa berlakunya perjanjian
e. Tanggal dan tempat dilakukan perjanjian

Sifat-sifat kemasan masa depan diharapkan mempunyai sifat-sifat sebagai berikut , kecuali..….
a. Bentuk fleksibel, tidak berbau, tidak beracun
b. Transparan, tidak mengkontaminasi bahan yang dilemas, tidak tahan panas
c. Biodegradable, renewable, ekonomis
d. Tahan terhadap  cuaca          
e. Tidak tahan terhadap micro-organisme

Dokumen yang digunakan untuk melakukan suatu pemesanan barang kepada konsumen adalah ...
a. Receiving response
b. Faktur
c. Sales order
d. Purchase order
e. surat jalan

Dalam pelabelan harus dicantumkan waktu kadaluarsa (expired date) yang dinyatakan dalam 3 cara. Contoh penulisan “Baik dipergunakan sebelum tgl,bln,thn” merupakan contoh penulisan dari
a. Tanggal awal penggunaan optimal
b. Tanggal akhir konsumsi
c. Tanggal akhir pembuatan optimal
d. Tanggal pembuatan          
e. Tanggal akhir pembelian

Strategi distribusi yang menyalurkan produk barang atau jasa pada daerah pemasaran tertentu dengan memilih beberapa distributor atau pengecer saja pada suatu daerah seperti pakaian , henpone, sepeda motor adalah ...
a. Strategi distribusi selektif
b. Strategi distribusi intensif 
c. Strategi distribusi sekunder
d. Strategi distribusi ekslusif
e. Strategi distribusi marketing

Setiap kali hendak membeli pangan dalam kemasan, yang pertama kali dilihat calon konsumen adalah kemasan dan labelnya. Setidaknya, ada delapan jenis informasi yang bisa diketahui dari label kemasan produk pangan, kecuali…
a. Sertifikat Halal                                  
b. Waktu Kadaluwarsa                         
c. Identitas asal produk
d. Nama Produk
e. Zat warna yang dilarang

Perjanjian jual beli biasanya dilakukan untuk proses jual beli barang yang tidak bergerak. Contoh benda yang tidak bergerak adalah .... 
a. meja, kursi,dan mesin tik
b. tanah, bangunan dan rumah
c. hewan dan peralatan
d. tanah dan peralatan
e. kertas, tinta dan tip-ex

Post a Comment

Previous Post Next Post