MASA PEMERINTAHAN REPUBLIK BATAAF

"Kepulauan Nusantara berada di bawah naungan Republik Bataaf yang menunjuk Daendels sebagai gubernur jenderal di tanah jajahan, terutama Jawa. Daendels, pada saat masih berada di Belanda ia dikenal sebagai tokoh muda yang patriot yang memperjuangkan nilai-nilai kemerdekaan dan persamaan, tetapi setelah sampai di Indonesia berubah menjadi tokoh yang reaksioner dan kejam."


KOLONIALISME PERANCIS

Tahun 1795 pasukan Perancis menyerbu Belanda. Pangeran Willem V melarikan diri ke Inggris. Belanda dikuasai Perancis. Dibentuklah pemerintahan baru sebagai bagian dari Perancis dinamakan Republik Bataaf (1795-1806). Sebagai pemimpin Republik Bataaf adalah Louis Napoleon saudara dari Napoleon Bonaparte. Dengan demikian pemerintahan Republik Bataaf ini pihak yang bertanggung jawab atas pemerintahan di Nusantara. Ditunjuklah kemudian Daendels sebagai gubernur jenderal untuk mempertahankan Kepulauan Nusantara dari serangan Inggris

PEMERINTAHAN HERMAN WILLIEM DAENDELS (1808-1811)

H.W. Daendels sebagai Gubernur Jenderal memerintah di Nusantara pada tahun 1808-1811. Tugas utama Daendels adalah mempertahankan Jawa agar tidak dikuasai Inggris. Sebagai pemimpin yang ditunjuk oleh Pemerintahan Republik Bataaf, Daendels harus memperkuat pertahanan dan juga memperbaiki administrasi pemerintahan, serta kehidupan sosial ekonomi di Nusantara khususnya di tanah Jawa.  

Langkah-langkah pertahanan Daendels : 
  1. Membangun jalan raya Anyer-Panarukan ±1.100km 
  2. Melaksanakan system kerja rodi 
  3. Membangun angkatan perang 
  4. Mencampuri urusan intern kerajaan-kerajaan di Indonesia 
  5. Menjalankan system pemerintahan secara dictator
  6. Perdagangan budak
Karena menyengsarakan rakyat dan banyak perlawanan dari masyarakat daerah, tahun 1811 Daendels digantikan oleh Jansens sebagai gubernur. Dan pada masa pemerintahan Jansens, Inggris menyerang Batavia, dan tanggal 18 September 1811, Belanda menyerah dengan ditandai penandatanganan Kapitulasi Tuntang yang berisi penyerahan kekuasaan Batavia dari Belanda kepada Inggris.

Post a Comment

Previous Post Next Post