Unsur-Unsur dan Ruang Lingkup Komunikasi Bisnis


Unsur-Unsur Komunikasi Bisnis

a) Sumber
Adalah dasar yang digunaka.n dalam penyampaian pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri. Dalam Komunikasi antar manusia, sumber dapat terdiri atas satu orang, tetapi bisa juga dalam bentuk kelompok, misalnyai partai, organisasi atau lembaga. Sumber sering disebut pengirim, komunikator, atau dalam bahasa Inggrisnya source, sender, atau encode.

b) Pesan
Adalah sesuatu yang disampaikan pengirim kepada penerima. Pesan dapat dilakukan dengan tatap muka atau menggunakan media komunikasi. Isinya bisa berupa ilmu pengetahuan, hiburan, informasi, nasihat, atau propaganda. Pesan dalam bahasa Inggrisnya message, content, atau information.

c) Media
Adalah alat yang digunakan memindahkan pesan dari sumber kepada penerima. Dalam komunikasi pribadi media meliputi pancaindra, dalam komunikasi massa, terdiri dari media cetak dan elektronik, seperti surat kabar, brosur, radio, televisi, dll.

d) Penerima
Adalah pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber. Penerima bisa satu orang atau lebih. Penerima bisa disebut khalayak, sasaran, komunikan, atau dalam bahasa Inggris audience, atau receiver.

e) Efek
Adalah pengaruh atau perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh juga bisa diartikan sebagai perubahan atau penguatan keyakinan pada pengetahuan, sikap, dan atau tindakan seseorang sebagai akibat menerima pesan.

f) Umpan Balik
Adalah salah satu bentuk dari pengaruh yang berasal dari penerima, dan atau unsur lainnya seperti pesan dan media.

Ruang Lingkup Komunikasi Bisnis

Menurut Chris Fill (1995), meliputi delapan pertanyaan sebagai berikut:
1) Siapa yang menerima pesan
2) Pesan yang berperan sebagai informasi
3) Nilai perusahaan atau produk yang dipertahankan
4) Pengeluaran dalam pembuatan produk baru
5) Cara pesan ketika disampaikan
6) Tindakan penerima yang diinginkan
7) Kontrol terhadap proses
8) Pencapaian ketetapan

***

Latihan:

  1. Setelah mempelajari Materi tentang Tujuan dan Manfaat Komunikasi Bisnis serta Unsur-Unsur dan Ruang Lingkup Komunikasi Bisnis, Menurut kalian apakah yang harus dipersiapkan agar pesan dapat tersampaikan dengan baik kepada penerima pesan?
  2. Profesor Wilbur Schramm menyebutnya bahwa komunikasi dan masyarakat adalah dua kata kembar yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Sebab tanpa komunikasi tidak mungkin masyarakat terbentuk, sebaliknya tanpa masyarakat maka manusia tidak mungkin dapat mengembangkan komunikasi. (Schramm, 1988). Komunikasi baru dapat berjalan jika beberapa unsur yang saling mendukung. Dalam materi pertemuan sebelumnya, kita sudah membahas tentang Unsur-unsur Komunikasi. Tuliskanlah kembali Unsur-unsur Komunikasi tersebut!


Post a Comment

Previous Post Next Post