Tujuan dan Manfaat Komunikasi Bisnis


Tujuan Komunikasi Bisnis

a) Informatif
Yakni memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain.

b) Persuasif
Yakni memberikan persuasi kepada pihak lain agar sesuatu yang disampaikan dapat dipahami dengan baik, terutama dalam hal hubungan dengan penegasan konfirmasi pemesanan pelanggan atau negoisasi agar setiap pihak mendapatkan manfaat dan tidak ada yang merasa dirugikan.

c) Kolaboratif
Yakni untuk melakukan kolaborasi (kerjasama) bisnis dengan pihak lain.

Selain itu ada Tujuan Umum dan Khusus Komunikasi Bisnis:

a) Tujuan Umum
Mendukung tujuan bisnis agar lebih efektif dan efesien guna memperbaiki pengelolaan bisnis.

b) Tujuan Khusus
Meciptakan interaksi/ hubungan antara perusahaan dengan konsumen, pemerintah, sesama dunia usaha serta dengan lingkungan agar tercipta hubungan baik yang dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Manfaat Komunikasi Bisnis

a) Manfaat Internal
Komunikasi yang efektif di dalam perusahaan dapat menunjang karier eksekutif perusahaan. Beberapa hal yang perlu di pertimbangkan dalam mempromosikan suatu jenjang karier eksekutif supaya proses komunikasi berjalan dengan baik ialah: 1) Kemampuan manajemen, 2) Memiliki ambisi untuk maju, 3) Kepercayaan diri, 4) Kemampuan bekerja keras, 5) Kemampun megnambil keputusan yang tepat, 6) Latar belakang akademis, 7) Kemampan berkomunikasi efektif, 8) Berpenampilan menarik.

b) Manfaat Eksternal
Menjalin komunikasi bisnis yang baik dengan pihak ketiga akan berdampak positif dengan keberhasilan bisnis, dan upaya membangun citra perusahaan di mata masyarakat.

Post a Comment

Previous Post Next Post