Pola Komunikasi Bisnis
Pola Komunikasi (Patterns of communication) dibedakan menjadi dua saluran:
1) Saluran Komunikasi Formal
Saluran Komunikasi pada organisasi (garis, fungsional, matriks), dimana akan tampak berbagai posisi/ kedudukan sesuai batas tanggung jawab dan wewenang.
Macam Saluran Komunikasi Formal:
a) Komunikasi dari atas ke bawah; merupakan jalur komunikasi berasal dari atas (manajer) ke bawah (karyawan), penyampaian pesan berupa perintah, instruksi, maupun prosedur.
Tujuan Komunikasi kebawah:
- Memberikan pengarahan atau instruksi kerja tertentu,
- Memberikan informasi alasan suatu pekerjaan harus dilaksanakan,
- Memberikan informasi tentang prosedur dan praktik organisasional,
- Memberikan umpan balik pelaksanaan kerja kepada para karyawan,
- Menyajikan informasi mengenai aspek ideologi dalam membantu organisasi menanamkan pegertian tentang tujuan yang ingin dicapai.
b) Komunikasi dari Bawah ke Atas: Alur pesan yang disampaikan berasal dari bawah (karyawan) menuju ke atas (manajer).
c) Komunikasi Diagonal; Komunikasi antara dua tingkat organisasi yang berbeda. Contoh: Bagian pemasaran dengan bagian pabrik.
d) Komunikasi Horizontal; Komunikasi antara bagian-bagian yang memiliki posisi sejajar dalam satu organisasi. Tujuannya, melakukan persuasi, mempengaruhi dan memberikan informasi kepaa bagian atau departemen yang memiliki kedudukan sejajar.
2) Saluran Komunikasi Informal
Komunikasi dalam suatu organisasi tanpa mempedulikan jenjang hirarki, pangkat, kedudukan, atau jabatan. Yang dibicarakan bisa berkaitan keluarga, hobby, pekerjaan atau hal lain.
Comments
Post a Comment