Penerapan Iklan PPC


Iklan Online adalah upaya pemasaran online dengan menampilkan sebuah situs web pada hasil pencarian search engine dengan cara berbayar.

Pratik pemasaran online tersebut identik dengan istilah Pay Per Click advertising atau PPC advertising (Iklan PPC).

Pemasaran online menggunakan iklan PPC membutuhkan kejelian dalam analisis kata kunci, penulisan teks iklan, pengaturan biaya anggaran iklan, harga per klik (Cost Per Click atau CPC)

PPC (Pay Per Click) merupakan mekanisme yang terpasang pada halaman website. Seseorang masuk ke dalam web atau blog dan mengeklik iklan yang ada pada website maka pengiklan akan mendapatkan bayarannya.

Bentuk yang paling ummum dan populer dalam pemasaran PPC adalah Search Engine Advertising atau yang disingkat SEA. Hal ini memungkinkan pemasang iklan untuk mencari link sponsor bila menggunakan kata kunci yang relevan dengan lainnya.

Beberapa perusahaan penyedia iklan PPC misalnya; google, yahoo bing, 7search, dan ABCSearch, findology.



1. Definisi Iklan PPC
Metode iklan pada internet, dimana advertiser atau pengiklan hanya membayar jika iklan mereka ada yang menge-klik.
   

2. Efektifitas dan manfaat menggunakan Google Ads

a) Lebih cepat dri SEO
Dengan penggunaan AdWords, iklan pada website anda akan jauh lebih cepat menempati halaman pertama google dibandingkan dengan menggunakan SEO.

b) Tertarget dan fleksibel
Sebagai pengiklan anda dapat mengatur dana budget per hari, serta anda dapat mengatur siapa yang hendak anda target, dari negara mana, behaviour,, dan dari jam serta hari apa saja.

c) Jangkauan iklan yang luas
Google memiliki banyak network yang memiliki traffic yang sangat bagus. Hal ini tentu berdampak pada jangkauan iklan yang anda buat.

3. Cara Kerja Iklan PPC Google Ads

a) Penyedia Teknologi / Platform
Bagi anda yang ingin memasang iklan PPC, maka anda diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu kepada penyedia teknologi yaitu google.

b) Pemilik Website/ Blog
Iklan yang anda buat akan muncul pada website atau blog pemilik website/ blog, hal ini disebut dengan istilah network atau jaringan.

c) Pengiklan/ Advertiser
Pengiklan atau advertiser merupakan orang yang amau beriklan di internet dengan menggunakan Ads.

4. Hal-hal lain tentang iklan PPC
a) Iklan Google Ads tidak hanya berupa text
Iklan Google Ads juga dapat berupa banner



b) Menggunakan System Bidding
Bidding adalah penempatan iklan anda terus pada posisi pertama, caranya, bila iklan anda tidak berada ditingkat teratas maka anda dapat melakukan bidding untuk meningkatkan iklan anda pada tempat teratas. Sebagai contoh : PT. A dan PT. B menawarkan jasa yang sama yaitu jasa tenaga kerja, dan PT. A menempatkan kata kunci ‘tenaga kerja’ dengan nilai Rp. 100, dimana yang menempatkan PT. A di posisi teratas dalam search engine. Melihat hal ini PT. B yang sebelumnya menempatkan kata kunci ‘tenaga kerja’ dengan nilai Rp. 80 menaikkan nilainya menjadi Rp. 125, maka otomatis posisi PT. A tergeser dan yang mendapati urusan paling atas adalah PT. B, begitu seterusnya.

c) Akan Muncul Alamat, telepon, dan Sitelink
 

d) Remarketting
Merupakan strategi yang digunakan oleh pebisnis, ketika pengunjung mengunjungi website anda dan ia keluar kemudian serufing ke website lainnya dan iklan website anda akan muncu di setiap website yang ia kunjungi.
 

5. Sifat Iklan PPC
a) Bagian dari closely-knit ad-groups
b) Pengguna memegang kendali ketika seseorang ingin menanyakan alamat pencarian.

6. Rumus Umum menghitung PPC
Membayar per klik (PPC) = biaya ($) : jumlah klik iklan

7. Keuntungan dari Iklan PPC

a) Quick Actions
PPC memberikan hasil yang cepat serta lebih banyak hype branding dalam waktu yang singkat.

b) Neligible Initial Investment
Tidak mengenakan biaya untuk iklan PPC dalam pembuatan account.

c) Business Gets Noticed Globally
Dengan menggunakan PPC, bisnis anda akan mendapat pengakuan secara global.

d) Instant Result
Memberikan jawaban yang lebih cepat dibandingkan SEO.

Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Website

Profil Pelajar Pancasila

Pemasaran di era Industry 4.0