Mengenal Bisnis Online


Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh perorangan ataupun sebuah organisasi yang melakukan penjualan barang maupun jasa kepada orang yang membutuhkan.

Pada saat ini bisnis di kelompokkan menjadi 2, yakni:Bisnis offline dan bisnis online

Pengertian Bisnis Online:

Kotler (2001 : 256), Bisnis Online adalah pemasaran yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif yang menghubungkan kosumen dengan penjual secara elektronik.

Bisnis Online Adalah bisnis yang dijalankan secara online dengan menggunakan jaringan internet, sedangkan informasi yang akan disampaikan atau dijual biasanya menggunakan media website atau aplikasi. (Danang Setyabudi, 2017)

Jadi Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online dengan mengguakan jaringan internet

Sedang istilah Online shopping atau belanja online via internet adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual melalu internet

Bisnis online memiliki prospek yang cukup besar dimasa mendatang, karena kini hampir semua orang menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam hal memenuhi kebutuhan sehari-hari. (Majda, 2015)

Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

Bisnis online di Indonesia semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan, bukan hanya dimonopoli oleh belanja barang, juga layanan jasa seperti perbankan yang memperkenalkan teknik e-banking, dimana pelanggan dapat melakukan kegiatan seperti transfer uang, membayar tgihan listrik, air, telpon, internet, pulsa, dll.

Bisnis online di Indonesia untuk pembelian barangpun mengalami perkembangan pesat, seperti menjual handphone, gitar, butik, buku, makanan, elektronik.

Tidak perlu diragukan, kegiatan bisnis online memberikan banyak manfaat dalam bisnis, terbukti dengan maraknya iklan-iklan yang ada di berbagai situs web

Transaksi E-commerce Indonesia Naik 500% dalam 5 Tahun


Transaksi perdagangan digital Indonesia tumbuh pesat. Data eMarketer menunjukkan bahwa transaksi e-commerce Indonesia mencapai Rp 25,1 triliun pada 2014 dan akan naik menjadi Rp 69,8 triliun pada 2016, dengan kurs rupiah Rp 13.200 per dolar Amerika. Demikian pula pada 2018, nilai perdagangan digital Indonesia akan terus naik menjadi Rp 144,1 triliun.


Post a Comment

Previous Post Next Post