Merencanakan dan Merancang Website



Pembuatan sebuah website memerlukan suatu langkah-langkah persiapan yang secara umum dibagi dalam lima tahap sebagai berikut (Rickyanto, 2001):

1. Merumuskan Tujuan Membuat Website
Berdasarkan isi maupun tujuan, suatu website di golongkan:
  • Website Marketing, berfungsi sebagai media presentasi dan pemasaran
  • Website Customer Service, berfungsi sebagai media untuk melayani konsumen
  • Website E-commerce, berfungsi sebagai media transaksi online
  • Website Informasi berita, berfungsi sebagai media informasi berita

2. Menentukan Isi Website
Faktor yang paling penting dala suatu website adalah isi dari sebuah website itu sendiri. Hal tersebut berkaitan denan manfaat yang akan diperoleh pengunjung dari sebuah website.

3. Menentukan Target Pengunjung
Website bersifat terbuka, dalam arti bebas dikunjung semua orang, tapi dalam pembuatan website sebaiknya dilakukan gambaran target yang akan dituju oleh sebuah website. Terutama didasarkan pada penggunaan hardware dan aplikasi browseer yang berbeda dengan setiap pengunjung.

4. Menentukan Struktur Website
Struktur website diperlukan untuk memberikan kemudahan dalam mengelola suatu website, seperti navigasi, editing dan pemeliharaan website. Struktur tersebut tentunya harus disesuaikan dengan isi website. 

5. Desain Website
Faktor keindahan desin tampilan dari suatu website merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan keberhasilan suatu website, selain faktor kecepatan loading. Suatu situs yang baik memiliki suatu kesatuan desain bisa dikatakan memiliki kesamaan tema dalam halaman-halaman webnya. Hal ini penting dalam segi estetika maupun segi navigasi. Kesamaan desain yang biasanya dioertahankan, antara lain kesamaan font (huruf) yang digunakan, warna, tombol navigasi (menu), dan tata letak menu. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi seorang perancang web (web designer) untuk mengetahui aturan-aturan yang berlaku dalam mendesain suatu website. Hal ini diperlukan agar desain dari website yang akan dibangun tidak terkesan sekadarnya.

Berikut hal-hal penting dalam perancangan web:
a. Prinsip-prinsip Dasar Desain
  1. Unik; Merupakan kesadaran desain untuk tidak meniru atau menggunakan karya orang lain.
  2. Komposisi; Berkaitan dengan bentuk maupun warna yang akan digunakan dalam website
  3. Simpel; Agar website terlihat rapi, bersih, dan informatif.
  4. Semiotik; Ilmu yang mempelajari tanda-tanda, pengunjung diharapkan dapat dengan mudah dan cepat mengerti ketika melihat tanda dan gambar yang ada dalam suatu website.
  5. Ergonomis; Kepunyaan yang akan didapatkan pengunjung dalam membaca dan kecepatan yang akan diperoleh pengunjung dalam mencari informasi. Hal ini berkaitan dengan: a) Pemilihan ukuran font yang tepat sehingga mudah dibaca. b) Menempatkan link sedemikian rupa sehingga mudah dan cepat untuk diakses dan lebih penting lagi adalah suatu website terleihat lebih informatif.
  6. Fokus; Tingkatan prioritas dari pesan yang akan disampaikan. Dengan adanya fokus tersebut, pengunjung dapat memahami dan menentukan pesan mana yang lebih dulu harus dibaca dan dilihat.
  7. Konsistensi; Pemilihan bentuk atau style yang digunakan pada elemen-elemen perancangan web dan digunakan pada semua halaman website. Website yang konsisten akan memberikan identitas tersendiri dan mampu memperlihatkan visi serta misi dari website tersebut.

b. Elemen-elemen Desain
Desain grafis, khususnya dalam halaman-halaman web, terdiri atas beberapa elemen sebagai berikut (Sutopo, 2002)
  1. Teks adalah bagian yang paling utama untuk menampilkan informasi.
  2. Grafik atau image merupakan elemen yang dapat membantu menjelaskan informasi.
  3. Animasi merupakan sarana untuk menampilkan informasi dengan baik, disamping animasi merupakan daya tarik yang mudah diingat pengunjung.
  4. Video dapat berupa hasil suatu rekaman dengan kamera video maupun hasil pengolahan dengan komputer.
  5. Suara melengkapi desain web, memberikan efek khusus pada suatu tampila animasi serta memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang mendengarkannya.
  6. Interactive link dapat menggunakan button yang berupa teks, simbol, grafik, image. Fungsinya untuk memudahkan pengunjung dalam menelusuri suatu website. 



Post a Comment

Previous Post Next Post