Melakukan Riset Menggunakan Google Trends


Google Trends adalah layanan dari Google yang menyediakan data dan grafik mengenai popularitas yang sedang terjadi di halaman pencarian Google. Dengan Google Trends, pengguna juga dapat mencari keyword yang sering dipakai atau dicari orang-orang di internet.

Jadi bila kita ingin mengetahui seberapa besar minat masyarakat terhadap sebuah konten atau produk tertentu, kita dapat terlebih dahulu melakukan riset dengan menggunakan Google Trends.

Langkah langkah melakukan riset menggunakan Google Trends:

1) Buka browser, misalnya Google Chrome. Ketikkan Google Trends di kolom pencarian.

2) Selanjutnya klik:
https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID, pada hasil pencarian.


3) Kita akan di bawa ke laman muka website Google Trends.


4) Untuk mengetahui minat akan satu topik tertentu, kita ketikkan pada kolom pencarian yang tersedia. Sebagai contoh, saya ketikkan "kue kering"



5) Hasilnya akan terlihat grafik, misalnya dalam dua belas bulan minat masyarakat akan "kue kering" paling tinggi pada bulan apa, dari grafik tersebut bisa kita ketahui, jenis produk kue kering adalah produk yang di minati musiman, karena terjadi lonjakan yang signifikan pada bulan tertentu.


7) Bila kita scroll ke bawah, kita juga dapat mengetahui sebaran wilayah yang paling tinggi minatnya terhadap "kue kering" dan juga topik terkait "kue kering"



8) Selain itu, dengan Google Trends kita juga dapat membandingkan tingkat minat lebih dari satu topik. Caranya kita scroll lagi ke atas, di bagian  bandingkan/ compare kita bisa ketikkan jenis produk lain. Sebagai contoh, saya akan bandingkan/ compare "kue kering" dengan "kue basah" maka di kolom bandingkan saya ketik "kue basah"





9) Hasilnya terlihat, antara "kue kering" dan "kue basah" lebih banyak diminati "kue kering"


Demikian Cara Melakukan Riset dengan menggunakan Google Trends, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post