Merancang Iklan Online


(Gambar: pakiman.com)


1. Definisi Iklan

a. KBBI

Iklan merupkana berita atau pesan yang mendorong dan membujuk masyarakat luas agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan, serta pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang pada media massa atau tempat umum.

b. Krisyantono

Iklan merupakan bentuk komunikasi nonpersonal yang menjual pesan-pesan secar persuasif dari sponsor untuk mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk dengan biaya media yang digunakan.

c. Durianto

Iklan ialah suatu proses komunikasi yang tujuannya membujuk atau menggiring masyarakat untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.

d. Suhandang

Iklan adalah suatu jenis teknik komnunikasi informasi dengan membayar ruangan atau waktu penyiaran informasi tentang barang dan jasa yang ditawarkan oleh pemasang iklan.

e. Gilson dan Berkman

Iklan merupakan suatu media komunikasi persuasif yang dirancang untuk menghasilkan respons serta membantu tercapainya objektivitas pemasaran.

f. Russel dan Lane

Iklan adalah suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media komunikasi massa.

g. Lee

Iklan merupakan sebuah layanan komunikasi komersial dan nonpersonal mengenai sebuah organisasi dan produk-produk yang ditransmisikan ke masyarakat luas dengan target melalui media massa seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail, reklame luar ruang, atau kendaran umum.

h. Rhenald Kasali

Iklan merupakan sebuah pesan yang menawarkan suatu produk yagn ditujukan kepada masyarakat luas melalui sebuah media.

i. Kotler

Iklan merupakan suatu bentuk penyajian dan promosi mengenai ide, barang, atau jasa secara nonpersonal oleh sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.


2. Definisi Iklan Online

Iklan Online merupakan iklan yang dipromosikan melalui jaringan internet.

 


3. Jenis-Jenis Iklan Online

a. Direct Advertising; 

Jenis Iklan dimana pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak dengan pemasang iklan mengenai iklan yang ingin ditampilkan.

1) Kelebihan; 

Praktis, hanya memajang iklan sesuai keinginan.

2) Kekurangan; 

Ukuran iklan gambar/ banner yang ditampilkan sesuai dengan kontrak harga.

 


b. Self-Service Advertising; 

Iklan dimana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan. Ex. Blogads, Google Ads.

1) Kelebihan; 

Lebih leluasa dalam mengatur sesuatu keinginan baik itu isi konten ataupun tata letaknya, dan membayar iklan hanya saat konsumen mengklik iklan.

2) Kekurangan; 

Dibutuhkan keahlian khusus, dan kurang efektif  tidak menargetkan konsumen secara khusus.


c. Ad Network; 

Jenis Iklan yang menghubungkan serta memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs website.

1) Kelebihan; 

Biaya tergolong murah

2) Kekurangan; 

Jarang ada yang melihat dikarenakan jarang masuk kedalam situs-situs yang lebih sering dibuka masyarakat pada umumnya.


d. Contextual Advertising; 

Iklan yang pemasangannya telah dipilih secara otomatis dengan konten yang relevan dengan iklan tersebut.

1) Kelebihan; 

Iklan yang menjanjkan, dikarenakan dapat diakses oleh orang banyak.

2) Kekurangan; 

Prosedur yang rumit dan dipilih secara otomatis.


e. Twitter Advertising; 

Iklan yang berbasis keyword pendek berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan.

1) Kelebihan; 

Penyebaran yang sangat cepat direspons oleh calon konsumen dimanapun dan kapanpun.

2) Kekurangan; 

Lebih kepada teks sehingga konsumen kurang tertarik untuk membeli dan mencoba.

f. Rep Ad Agencies; 

Agen periklanan yang mewakili blog-blog dan situs web yang memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan oleh brand besar.

1) Kelebihan; 

Adanya agensi yang membanu strategi pemasaran sehingga memudahkan dalam proses periklanan.

2) Kekurangan; 

Biaya yang dikeluarkan besar.


g. In Text Advertising; 

Secara otomatis akan menghubungkan kata-kata tertentu didalam web dengan content iklan yang berhubungan.

1) Kelebihan; 

Sangat cepat dilihat oleh konsumen

2) Kekurangan; 

Kurangnya respon dari calon konsumen.


h. Ad Network Optimazition; 

Iklan yang mengevaluasi dan memilih iklan dengan biaya terbanyak yang akan ditampilkan pada halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling menarik.

1) Kelebihan; 

Visualisasi dari iklan ini sangat menarik sehingga membuat konsumen tertarik untuk mengunjungi.

2) Kekurangan; 

Kurang dikenal orang.


i. Social Advertising; 

Jenis iklan untuk media sosial.

1) Kelebihan; 

Banyak orang yang menggunakan jejaring sosial, sehingga lebih mduah menarik perhatian.

2) Kekurangan; 

Penyebaran iklan menuntut disemua jejaring sosial atau media sosial.


j. Video Advertising; 

Bentuk iklan yang dikemas dalam content video.

1) Kelebihan; 

Mudah diingat, visualisasi menarik, memiliki audio visual yang membaut konsumen tertarik.

2) Kekurangan; 

Biaya yang cukup besar, konsumen lebih terfokus pada video ketimbang iklan.


k. RSS Advertising; 

Iklan akan ditampilkan dalam RSS feed yang telah disesuaikan dengan content RSS feed.

1) Kelebihan; 

Penempatan yang diklasifikasi sesuai kebutuhan.

2) Kekurangan; 

Tidak semua pengguna dapat melihatnya


l. Sponsorship; 

Bentuk strategi alternatif yang lebih efektif diandingkan pemasangan iklan online berbentuk banner.

1) Kelebihan; 

Mudah dingat karena dipakai brand ambassador.

2) Kekurangan; 

Biaya besar.


4. Strategi Merancang Iklan Online

a. Menarik secara visual 

Pemilihan warna sangat penting, karena bedampak pada perhatian konsumen. Warna-warna yang menarik akan membuat konsumen melirik atau melihat produk anda. Dalam internet, prinsip ini dapat direalisasikan dengan mengadopsi isi web yang bergerak dan iteraktif sehingga dapat menarik kunjungan konsumen yang berulang0ulang kali.


b. Membidik Kelompok Tertentu

Perusahaan harus tahu pasti kelompok / pangsa pasar mana yang akan menjadi target produknya sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan yagn diharapkan oleh kelompok tersebut.


c. Isi Situs Web Bermanfaat bagi Konsumen

Web yang baik ialah web page yang memberikan informasi yagn tepat dan berharga serta menghindari hal-hal yang tidak berguna. Dalam hal ini penting bagi anda untuk memperhatikan web sesuai dengan tujuan pengiklanan produk yang ingin anda jual. Hindari ukuran web yang terlalu besar, karena hal ini akan memperlama proses mendownload.


d. Menekankan Merek dan Citra Perusahaan

Konsumen akan lebih tertarik pada produk yang memiliki tampilan berbeda dari lainnya. Strategi dalam memasang iklan diantaranya;

1) Strategi Generik

Strategi pengiklanan yang tidak membedakan merek yang dipasarkannya dengan merek pesaingnya. Hal ini untuk menekan biaya yang digunakan secara keseluruhan

2) Strategi Primitif

Atau hak pembelian awal, merupakan strategi pengiklanan yang menampilkan keunggulan produk yang dipasarkannya. Jenis strategi ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan kecil.

3) Strategi Unique Selling Propotion

Atau strategi proposisi penjualan unik ialah jenis strategi pengiklanan yang menampilkan produknya dengan cara unik. Strategi jenis ini menampilkan pula kelebihan dan keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk lainnya. Kelebihan atau keunggulan dari produk ini dapat menjadi daya tarik bagi konsumen untuk membeli atau memakainya.

4) Strategi Brand Image

Merupakan strategi pengiklanan yang mengedepankan citra atau image dari suatu produk.

5) Strategi Inherent Drama

Atau strategi karateristik produk yang menekankan pada elemen dramatik yagn diekspresikan pada manfaat produk tersebut.

6) Strategi Positioning

Dikemukakan Jack Trout tahun 1970-an. Merupakan strategi yang menempatkan sebuah produk untuk mendapatkan posisi yang baik bagi konsumen.

7) Strategi Resonansi atau Gema

Strategi yang berfokus pada situasi yang ditemukan atau sebuah pengalaman hidup yang berarti bagi konsumen.

8) Strategi Emosional

Strategi periklanan yang dibuat berdasarkan faktor emosional dengan daya tarik emosi. Secara umum daya tarik emosional berupa kebahagiaan, keterkejutan, ketakutan, kesedihan, dan kemarahan.


e. Iklan Merupakan Bagian Strategi Perusahaan

Perusahaan harus berpartisipasi secara aktif dalam media sosial. Penggunaan iklan online harus diimbangi dengan pemasaran ilan secara offline juga.


f. Iklan Harus Berhubungan dengan Proses Ordering

Item yang diiklankan harus dapat langsung dipesan dan dibayar secara online juga. Hal ini berdampak langsung kepada kepercayaan konsumen terhadap perusahaan anda atau usaha anda benar-benar ada.


g. Mendesain iklan internet.

Mendesain iklan merupakan hal yang sangat penting dalam dunia periklanan. Ada beberapa hal pokok yang perlu diperhatian dalam iklan diantaranya, gaya, nada, kata, dan format.


Post a Comment

Previous Post Next Post