Membuat Iklan PPC Menggunakan Google Ads


1. Definisi Google AdWords

Merupakan alat pemasaran online yang berupa platform iklan yang disediakan oleh pihak google. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk memasang target  calon costumer berdasarkan keyword atau kata kunci, waktu, dan lokasi.


2. Manfaat Google AdWords

a) Meningkatkan Webtraffic secara tertarget

Menggunakan perhitungan PPC yan gberguna untuk menjumlahkan biaya iklan yang anda pasang dan berapa tarif iklan anda secara otomatis dikonversi ke visitor berdasarkan harga klik.

b) Mendapatkan Visitor Sesuai Niche

Iklan tidak akan ditayangkan pada hasil penelusuran keyword yang tidak sesuai.

c) Reputasi Website akan meningkat tanpa merusak usaha SEO

Menguntungkan, dikarenakan penccarian keyword banyak dicari untuk optimasi SEO yang nantinya akan dimasukkan oleh google.

d) Menambah Omzet Penjualan

Memperbesar omset penjualan sekitar 10-50%.

3. Cara Kerja Google Ads


Keterangan Gambar:

a. Gambar 1

Anda membuat banner atau iklan sekaligus search guery atau kata kunci untuk ditelusuri pada kolom pencarian. Banner dibuat dengan berbagai ukuran.

b. Gambar 2

Kriteri adan target telah ditentukan dengan pasti. Phak google akan mengamati semua iklan yang ada berdasarkan kualitas, penawaran, ekstensi iklan, serta format iklan yang ada.

c. Gambar 3

Banner yang sesuai dengan prosedur ataupun kriteria akan ditampilkan oleh pihak google

4. Cara Membuat Akun Google AdWords

Langkah Membuat Akun Google AdWords:

a. Masuk ke homepage Google dan ketik AdWords di kotak pencarian lalu klik pada link Google AdWords yang muncul


b. Kemudian lihat sudut kanan atas halaman di layar Anda, akan ada tulisan “MULAI SEKARANG”

 

c. Masukkan info alamat email Anda dan website Anda pada kolom yang sudah disediakan. Usahakan email yang anda pakai belum pernah anda gunakan untuk pembuatan Google AdWords atau lainnya.


d. Langkah selanjutnya adalah pembuatan campaign

5. Cara Membuat PPC Campaign dengan Google AdWords

a) Jenis-jenis Campaign:

1) Search network campaign

Search network memiliki popularitas tinggi, karena serach network memungkinkan iklan muncul pada halaman pencarian google serta websitet dengan keyword yang relevan.

Google serch network merupakan salah satu tipe campaign favorit, dikarenakan mampu mengoordinasi semua jenis serta tujuan bisnis melalui tipe-tipe ads yang ada.


2) Display network campaign


Penggunaan display network memungkinkan advertiser terhubung dengan customer melalui digital, seperti youtube, blog, dan Gmail. Display network bersifat lebih menarik perhatian customer  terhadap suatu produk sebelum dibeli

Terdapat beberapa opsi yang dapat digunakan pada display network, diantaranya penggunaan opsi kontekstual targetting untuk meraih customer berdasarkan topik tertentu atau keyword tertentu. Selain itu, adanya opsi remarketting yang dapat digunakan untuk meraih customer yang sebelumnya belum menggunakan akun ini akan tertarik.

3) Variasi campaign


Variasi dalam iklan juga dapat digunakan untuk meraih hasil yang maksimal. Seperti search network dapat digunakan variasi text ads maupun call only ads. Hali ini bertujuan untuk memberikan variasi kepada user agar tidak merasa bosan.

b) Hal-hal yang perlu dipersiapkan 

1) Anggaran dana per bulan

2) Anggaran dana per hari

3) Cakupan geotargeting

4) Daftar keyword/ kata kunci

5) Salinan iklan yang sudah siap, mencakup:

- Ad heading/ tajuk iklan (25 karakter)

- Description line 1/ baris deskripsi 1 (35 karakter)

- Description line 2/ baris deskripsi 2 (35 karakter)

- Display URL/ URL yang akan ditayangkan (35 karakter)

- Destination URL/URL yang dituju (1024 karakter)

- Landing page URL/halaman yang dituju

- Desain landing page

- Gambar jika memang diperlukan, jika Anda ingin memuat gambar

c) Berikut adalah langkah-langkah lanjutan setelah Anda berhasil sign in dan membuat akun Google AdWords:

1) Masukkan data-data yang diperlukan pada page “Kampanye pertama Anda”. Masukkan sesuai dengan apa yang memang telah Anda siapkan sebelumnya seperti daftar persiapan di atas.


2) Pada bagian “Tetapkan tawaran Anda” sebaiknya pilih pilihan “Saya akan menetapkan tawaran saya secara manual”. Jadi, di sini Anda akan deposit uang dulu. Lalu natinya setiap biaya dipotong dari uang yang telah dibayarkan.


Kemudian klik tombol “Simpan dan lanjutkan” untuk sampai ke langkah terakhir yaitu “Pembayaran”

Langkah terakhir yang perlu Anda tempuh hanyalah mengisi data kartu kredit Anda pada form yang telah disediakan oleh Google AdWords. Jika Anda telah mengisi form kartu kredit Anda dengan benar dan Google sudah berhasil melakukan pengujian penarikan dana dari kartu kredit Anda tersebut, maka Anda dibawa masuk ke page konfirmasi. Lalu konfirmasikan. Bagi pembayaran otomatis/ pascabayar Anda bakal ditagih tarifnya setelah iklan sudah berjalan. Waktu penagihannya yaitu kalau telah lewat 30 hari atau biayanya sudah mencapai jumlah yang Anda tetapkan sebelumnya. Setelah Anda menetapkan menggunakan pembayaran otomatis maka Anda tidak bisa lagi merubahnya.Cara ini sebenarnya lebih sesuai bagi Anda yang tidak punya waktu terlalu luang untuk selalu mengontrol AdWords account Anda.


Post a Comment

Previous Post Next Post