Komponen Pemasaran Online


  1. Content Marketing; Merupakan alat untuk menarik prospek dan pelanggan potensial ke website, toko online (e-commerce), dan blog. Bentuk dari konten dapat berupa artikel, blog, how to, e-book, presentasi, video, dan audio.
  2. Search Engine Machine; Adalah mesin pencari, merupakan tempat pertama pelanggan mencari informasi bisnis, produk, atau jasa sebelum memutuskan membeli sesuatu.
  3. Email Marketing; Email berisi materi promosi yang ditujukan kepada kelompok pengguna internet melalui email, untuk mempromosikan suatu produk atau jasa.
  4. Online Public Relation; E-PR (electronic public relations), Cyber PR, Online PR, atau PR on the net, adalah kegiatan PR yang menggunakan internet sebagai media komunikasi. Internet dimanfaatkan PR untuk membangun merek (brand) dan memelihara kepercayaan publik.
  5. Social Media Marketing; Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.
  6. Online Advertising; Adalah model periklanan dengan menggunakan internet dan World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan. Iklan memiliki dua tujuan branding dan sales.
  7. Website; Merupakan media promosi yang paling populer. Website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang saling terkait dan masing-masing dihubungkan dengan hyperlink.
  8. Conversion; Adalah teknik memetakan kunjungan sebuah website atau toko online. Penjual mampu menganalisis komposisi kunjungan berapa banyak pengunjung website, berapa persen pengunjung yang mengklik tombol pembelian, dan berapa persen orang yang benar-benar membeli.


Post a Comment

Previous Post Next Post