Pengertian Komunikasi Bisnis


1. Pengertian Komunikasi
Komunikasi berasal dari Bahasa Ingris communication, dari Bahasa Latin communicatus, yang mempunyai arti berbagai atau menjadi milik bersama. Komunikasi diartikan sebagai proses berbagi di antara pihak-pihak yang melakukan aktivitas komunikasi tersebut.

Secara terminologis, komunikasi merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Dalam pengertian ini, yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia Jadi Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.

Berikut ini beberapa pendapat terkait komunikasi menurut para ahli.
a) Ruben dan Steward (1998:16)
Komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi, dan masyarakat yang merespons dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain.

b) Ruslan (2008:83)
Komunikasi merupakan alat yang penting dalam fungsi public relations. Publik menaungi dan meghargai suatu kinerja yang baik dalam kegiatan komunikasi secara efektf dan sekaligus kinerja yang baik tersebut untuk menarik perhatian publik serta tujuan penting yan lainnya dari fungsi public relations.

c) Suprapto (2011:6)
Suatu proses interaksi yang mempunyai arti antara sesama manusia.

2. Pengertian Bisnis
Bisnis berasal dari bahasa Inggris business, mengembangkan kata daar busy yan berarti "sibuk" dalam konteks individu, komuniats, ataupun masyarakat. Jadi, bisni dapat diartikan sebagai suatu kesibukan, aktivitas, atau pekerjaan yang mendatangkan keuntungan serta nilai tambah. Dalam ilmu ekonomi, bisnis merupakan organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.

Musselman dan Jackson (1992) mengartikan bahwa bisnis adalah suatu aktivitas yang emenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat, perusahaan yang diorganisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.

Sementara itu, Hughes Kapoor mengartikan bisnis adalah aktivitas melalui penyediaan barang dan jasa bertujuan untuk menghasilkan profit (laba). Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba apabila total penerimaan pada suatu periode (total revenues) lebih besar dari total biaya (total costs) pad periode yang sama. Laba merupakan daya tarik utama melakukan kegiatan bisnis sehingga melalui laba, pelaku bisnis dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar.

3. Pengertian Komunikasi Bisnis
Komunikasi bisnis merupakan komunikai yng digunakan untuk membangun hubungan antar perusahaan dalam dunia bisnis. Hal ini dilakukan guna saling mempromosikan atau mempresentasikan suatu nilai roduk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan kepada pihak buyer maupun perusahaan lain yang hendak melakukan kerja sama dengan perusahaan lain yang hendak melakukan kerja sama dengan perusahaan yang terkait. Komunikasi bisnis ini pada umumnya digunakan oelh para promotor atau public relation suatu perusahaan kepada perusahaan lain atau buyer.

Berikut ini pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli.
a) Djoko Purwanto dalam bukunya yang berjudul Komunikasi Bisnis (2011) menyebutkan bahwa komunikasi bisnis adalah kegiatan yang meliputi pengiriman dan penerimaan pesan-pesan di antara dua orang, kelompok kecil atau dalam satu lingkungan atau lebih, dengan tujuan untuk memengaruhi perilaku di dalam suatu organiasi.

b) James Floyd  dan kawan-kawannya dalam Komunikasi Bisnis dan Profesionalisme (2006) mengungkap bahwa komunikas bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis. Di dalamnya mencakup berbagai macam jenis dan bentuk komunikasi untuk mencapai tujuan bisnis.

c. Menurut Katz (1994:4), komunikasi bisnis adalah adanya pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersial.

***

Latihan:
  1. Setelah membaca, dan mempelajari Materi tentang Pengertian Komunikasi Bisnis, tuliskanlah Pengertian Komunikasi Bisnis sesuai dengan pemahaman kalian.
  2. Apa perbedaan komunikasi verbal dan nonverbal

Post a Comment

Previous Post Next Post