Keyword/ Kata Kunci pada Blog


1. Definisi Keyword
Keyword atau kata kunci merupakan susunan kata yang diketikkan pada mesin pencarian di saat melakukan pencarian data. Kata tersebut disimpan oleh mesin pencari untuk menganalisis pengguna internet.

2. Fungsi Keyword

a. Bagi Mesin 
Adanya keyword akan memberikan kemudahan mesin pencari dalam menemukan serta menampilkan informasi yang relevan dengan kebutuhan pengguna internet.

b. Bagi Blogger
Kata kunci yang tepat akan memudahkan pencarian di mesin pencari untuk menampilkan artikel pada halaman terdepan hasil pencarian. Keyword yang tepat akan menampilkan lebih banyak tentang artikel mereka.

c. Bagi Blog
Artikel dari blogger yang banyak dibaca oleh pengguna internet tentunya akan berdampak pula pada peringkat blog. Blog akan menjadi terkenal dan tentunya akan menambah penghasilan bagi blogger.

3. Jenis atau Macam Keyword

a. Berdasarkan Kata
1) Kata Kunci Pendek : Kata kunci pendek atau short tail keyword merupakan kata kunci atau keyword yang maksimal terdiri atas dua buah kata. Contoh: rumah murah, cara belanja, HP murah, dll.
a) Kelebihan : memiliki jumlah pencarian yang besar.
b) Kekurangan :
- Persaingan yang sangat ketat
- Kemungkinan mncul pada halaman pertama sangatlah kecil
- Terkadang hasil yang diberikan kurang relevan

2) Kata Kunci Panjang : Merupakan penambahan kata kunci yang bisa melebihi dua buah kata namun tetap nyaman untuk dibaca. Contoh : "Jenis produk google paling populer dan fungsinya".
a)  Kelebihan :
- Mampu membidik beberapa keyword sekaligus
- Kemungkinan memenangkan pesaingan antar blogger jauh lebih besar
- Lebih bermanfaat bagi pembaca atau pengguna
- Lebih mudah ditemukan pada google search atau mesin pencari
b) Kekurangan : terkadang keryword yang dibuat blogger pemula akan terlihat aneh.

b. Berdasarkan Waktunya
1) Keyword Abadi : Merupakan kata kunci yang tak lekang oleh waktu. Keyword jenis ini akan tetap eksis dari waktu ke waktu dan akan tetap dicari walau postingan tersebut telah puluhan tahun yang lalu. Contohnya : Obat jerawat alami, tips diet alami, cara mengatasi wajah berjerawat.

2) Keyword Musiman : Merupakan kata kunci yang hanya dicari pada saat saat tertentu. Biasanya keyword jenis ini sering diperbarui saat kejadian kejadian yang sedang viral. Contohnya : hasil pertandingan Arsenal dengan Bayern Munchen, Juara Liga Italia, Pemain terbaik Liga Italia.

c. Berdasarkan Pemirsa
1) Keyword Umum : Kata kunci yang dapat menjangkau semua masyarakat atau orang. Artikel dengan menggunakan keyword jenis ini dapat mendatangkan pengunjung dari berbagai golongan. Contohnya : Cara Mengatasi Sembelit.

2) Keyword Khusus : keyword yang memiliki target penunjang khusus yang membutuhan informasi informasi tertentu. Contohnya : Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense.

4. Cara Membuat Keyword
Sebelum membuat keyword, anda diwajibkan untuk membuat meta tag terlebih dahulu. Meta tag yang baik merupakan hal yang mencakup komponen sebuah blog. Secara umum, meta tag dapat dituliskan sbagai berikut.

<meta content='keyword1, keyword2, keyword3, keyword4, '...'

Berikut beberapa cara pembuatan keyword:
  1. Keyword terdiri dari 8 sampai 10 macam.
  2. Keyword pertama sampai ketiga merupakan kata kunci yang khusus bagi blog anda. Adapun kata kunci keempat sampai kesepuluh merupakan kata kunci umum atau pendukung tiga kunci utama.
  3. Jumlah kata pada sebuah kerywords adalah 15 sampai 20 kata.
  4. Apabila terdapat beberapa keywords dengan jumlah 1 kata maka letakkan kata tersebut di tempat paling depan dengan syarat keywords tersebut merupakan kata kunci. Adapun apabila keywords tersebut bersifat umum, maka letakkan pada urutan ke-4.
  5. Apabila terdapat beberapa keywords dengan jumlah 2 kata atau lebih maka letakkan di bagian belakang. Namun, apabila keywords tersebut merupakan kata kunci utama, letakkan dibagian paling sesuai syarat pada poin b.



Post a Comment

Previous Post Next Post