Pengenalan Website



1. Pengertian Website

Web merupakan media informasi berbasis jaringan komputer yang dapat diakses dimana saja dengan biaya relatif murah.

Website adalah kumpulan beberapa halaman web, yang informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lainnya dipresentasikan dalam bentuk hyoertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser.

Website disimpan di dalam server hosting yang dapat di akses lewat jaringan seperti jaringan internet atau lewat jaringan area lokal lewat alamat internet yang juga dikenal dengan nama Uniform Resources Locator (URL). Website yang dapat diakses tersebut secara kolektif disebut World Wide Web (WWW).

Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dan masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

2. Jenis Website

a. Website Statis
Adalah web yang halamannya tidak berubah. Website statis memberikan informasi yang sama kepada semua pengunjung web. Website jenis ini biasanya dibuat untuk menampilkan informasi yang jarang di update, misalnya company profile.

b. Website Dinamis
Adalah website yang secara spesifik dirancang agar konten dan laman yang erdapat dalam website tersebut dapat diperbaharui atau diubah secara berkala, mudah, dan otomatis.

c. Website Interaktif
Adalah web yang saat ini memang sedang disukai banyak pengguna. Contoh website interaktif adalah blog dan forum.

3. Fungsi Website

a. Fungsi Komunikasi
Biasanya situs web dinamis, menggunakan pemrograman web (server side) maka dilengkapi fasilitas yang memberikan fungsi komunikasi, seperti, web mail, chatting form, form contact, dll.

b. Fungsi Informasi
Menekankan pada kualitas bagian kontennya karena tujuan situs tersebut adalah menyampaikan isinya. Memiliki fasilitas informasi seperti news, company profile, librabry, reference, dll.

c. Fungsi Entertainment
Penggunaan animasi gambar dan elemen bergerak dapat meningkatkan mutu peresentasi desainnya meskipun harus tetap mempertimbangkan kecepatan downloadnya. Beberapa fasilitas yang memberikan fungsi hiburan adalah game online, film online, music online, dsb.

d. Fungsi Transaksi
Dijadikan sarana bisnis, baik barang, jasa, maupun yang lainnya. Menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik. Pembayaran bisa menggunakan kartu kredit, transfer, atau pembayaran secara langsung.

Post a Comment

Previous Post Next Post