Menganalisis Peluang Usaha Menggunakan Analisis SWOT

 


Untuk mendapatkan peluang usaha yang baik, wirusaha perlu melakukan analisis terlebih dahulu, yaitu salah satunya dengan menggunakan analisis SWOT. SWOT merupakan metode yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi usaha. Analisis SWOT berguna untuk menganalisis faktor-faktor di dalam organisasi yang memberikan andil terhadap kualitas pelayanan atau salah satu komponennya sambil mempertimbangkan faktor-faktor eksternal.

Langkah-langkah penerapan analisis SWOT dalam menganalisis peluang usaha adalah sebagai berikut.

1) Kekuatan (Strenghts)
Melihat kekuatan yang dimiliki yaitu seperti lokasi yang strategis, sumber-sumber bahan baku yng mudah di dapat, mudah dijangkau oleh konsumen atau pelanggan, dan kekuatan lainnya yang dapat dimanfaatkan. Contoh: lokasi di dekat kampus dapat mengembangkan peluang usaha menjadi kos-kostan, warnet, rental komputer, dan lain-lain.

2) Kelemahan (Weakness)
Melihat kelemahan yang dimiliki agar tidak memaksakan diri melakukan usaha yang sebenranya tidak dapat dilakukan arena memiliki kekurangan tertentu. Contoh: sebaiknya jangan membuka usaha salon kecantikan, apabila tidak menguasau sama sekali ketermapilan make up dan memotong rambut.

3) Peluang (Opportunities)
Melihat peluang yang dapat dimanfaatkan dan memberikan keuntungan. Contoh: membuka usaha kost-kostan dan warung makan di lingkungan dekat kampus.

4) Ancaman (Threats)
Melihat ancaman terhadap usaha-usaha yng berisko tinggi, memilki siklus hidup yang pendek dan tdak terukur. Terlebi lagi jika pesaing-pesaing kita memiliki kemampuan yang lebih baik dari kita. Contoh: perubahan strategi pesaing dapat mengancam posisi usaha di pasar. 

Post a Comment

Previous Post Next Post