Komunikasi dalam Transaksi Bisnis dengan Bahasa Inggris

 


Salah satu contoh komunikasi bisnis dalam bahasa inggris, yaitu surat. Surat bisnis adalah surat yang digunakan, baik perseorangan, instansi maupun lembaga organisasi yang isinya untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis secara tertulis dengan menggunakan media tertentu, baik via pos, faksimile, maupun media internet. Surat bisnis memiliki banyak jenis, misalnya surat bisnis penawaran, surat bisnis perkenalan, surat bisnis pesanan, dan lain-lain.

Meskipun teknologi informasi dan komunikasi berkembang begitu cepat dengan adanya telepon, telepon genggam, televsi, radio, telegram, faksimile, dan komputer; surat tampaknya masih menjadi sarana komunikasi yang sangat penting bagi seseorang, kelompok, ataupun organisasi pemerintah dan bisnis.

1. Tujuan Business Letter (Surat Bisnis)
Business letter adalah jenis surat resmi (formal letter) yang berfungsi sebagai cara berkomunikasi antara dua atau lebih perusahaan. Ada banyak perbedaan penggunaan dalam business letter. Business letter dapat bersifat menyampaikan informasi (informational), bujukan (persuasive), motivasi (motivational), atau promosi (promotional), Business letter harus diketik dan di print out pada kertas putih standar berukuran 8,5 x 11.

2. Format Penulisan Business Letter (Surat Bisnis)
a. Block Format Business Letter; Format block pda business letter merupakan format bisnis yang paling sederhana atau simpel di antara ketiga format surat bisnis yang ain karena semuanya diletakkan pada bagian kiri surat.



b. Modified Block Format Business Letter; Pada modified block format business letter, letak penulisan alamat (adress), tanggal (date), closing (penutup), tanda tangan (signature) dan nama (printed name) berada di bagian kanan surat.

c. Semi-Black (Indented) Format Business Letter
Pada semi-block (indented) format business letter, format penulisannya hampir sama dengan modified block format,, tetapi pada bagian isi, paragrafnya dibuat menjorok ke dalam, sedangkan pada modified block format tidak.

Di bawah ini adalah keterangan dari nomor-nomor yang ada di setiap format business letter di atas.
  1. Your address (alamat penulis)
  2. Date (tanggal)
  3. Inside Address (alamat tujuan)
  4. Salutation (salam pembuka)
  5. Subject Line (perihal)
  6. Body (isi surat)
  7. Closing (penutup)
  8. Signature (tanda tangan)
  9. Printed Name (nama pengirim)
  10. Enclosure (lampiran)
  11. Typist Initials (inisial penulis)

Post a Comment

Previous Post Next Post