Sumber-Sumber Peluang Usaha


1) Peluang dari Diri Sendiri

a) Hobi
Hobi yang dimiliki seseorang dapat menjadi awal kesuksesan dalam berwirausaha, bahkan usahanya dapat berkembang dan tumbuh pesat. Contoh: Hobby masak, dapat dikembangkan menjadi usaha membuka warung atau rumah makan.

b) Keahlian
Keahlian yang dimiliki dapat menjadi modal untuk mengembangkan usaha yang sesuai dengan bidang keahlian. Contoh: Ahli desain, dengan keahlian dapat mendesain misalnya untuk baju dan membuat toko distro sendiri.

c) Pengetahuan dan Latar Pendidikan
Pengetahuan dan latar belakang pendidikan merupakan salah satu hal yang paling potensial menemukan peluang emas karena sudah mengetahui, mempelajari, dan memahami bidang usaha yang akan ditekuni. Contoh: Siswa SMK Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran, dengan pengetahuan yang dikuasainya dapat membuat usaha atau bisnis secara online.

2) Peluang dari Lingkungan

a) Usaha Orang Tua
Usaha yang telah dijalankan orang tua dapat mendatangkan inspirasi usaha. Contoh: Orang tua menggeluti usaha konveksi, akan timbul gagasan untuk memasarkan produk hasil konveksi secara online.

b) Lingkungan Rumah
Yaitu daerah sekitar dimana kita tinggal. Contoh: Dilingkungan kita tinggal ada danau yang ditumbuhi eceng gondok, dapat dijadikan kerajinan yang memiliki nilai jual.

c) Kebiasaan
Kebiasaan diri dapat memunculkan ide atau peluang untuk menjalankan usaha. Contoh: Kebiasaan berbelanja online, dapat memunculkan inspirasi untuk membuat usaha sendiri secara online.

3) Peluang dari Perubahan yang terjadi

a) Perubahan Lingkungan
Misalnya di suatu daerah terdapat perguruna tinggi yang dulunya mempunyai mahasiswa sedikit, berubah menjadi jumlah mashasiswanya banyak dikarekan adanya penambahan jurusan kuliah yang dibuka. Masyarakat setempat memanfaatkan peluang tersebut untuk usaha seperti membuka kos kosan bagi mahasiswa, toko kelontong, dan laundry.

b) Perubahan Peraturan Pemerintah
Perubahan peraturan pemerintah akan menimbulkan ancaman bagi industri yang terkena dampaknya, namun justru menimbulkan peluang bagi yang mampu membaca situasi dan mendapatkan manfaatnya.

c) Perubahan Teknologi
Informasi dan komunikasi seperti kemajuan adanya smartphone dan internet sehingga memunculkan peluang usaha seperti toko online.

d) Perubahan Tekanan Kerja
Tekanan kerja yang semakin tinggi sehingga banyak orang yang membutuhkan hiburan.

e) Peruabahan Tingkat Kebutuhan
Yatu kebutuhan tentang kesehatan, gaya hidup, dan pola makan masyarakat. COntohnya: gaya hidup zaman sekarang menyukao hal-hal yang praktis, untuk itu muncullah peluang usaha berupa jasa membelikan makanan yang menyediakan layanan bagi orang-orang yang tidak sempat pergi untuk membeli makanan sendiri.

4) Peluang dari Konsumen
 Suara konsumwn yang dapat menciptakan peluang usaha antara lain:

a) Saran dari konsumen terhadap barang atau jasa, dengan aadanya saran maka seorang wirausaha dapat memperbaiki lagi barang atau jasa yang dijualnya atau membuat barang yang baru supaya konsumen merasa puas.

b) Keluhan dari konsumen terhadap produk.

c) Permintaan konsumen terhadap barang dan jasa, dengan keinginan konsumen terhadap barang atau jasa. Jika seorang wirausaha apat membaca situasi ini dengan baik, maka akan menjadi sumber ide untuk membuka usaha sehingga mendapatkan keuntungan.

d) Harapan konsumen terhadap barang dan jasa yang ada ataupun belum ada di pasar.

Post a Comment

Previous Post Next Post