Pengertian Kewirausahaan dan Wirausaha


Pengertian Kewirausahaan

  1. Kemendikas (2010): Kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang bernilai dan berguna, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang orang lain.
  2. A. pekerti (1999): Kewirausahaan adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mendirikan, mengelola, mengembangkan dan melembagakan perusahaan miliknya sendiri.
  3. Inpres No. 4 Tahun 1995: Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mngarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan porduk baru dengan meningkatkan efesiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau emperoleh keuntungan yang lebih besar.


Pengertian Wirausaha

  1. Alma: Wirausaha adalah orang yang mengkombinasikan sumber daya (resources), tenaga kerja, material dan peralatan lainnya untuk meningkatkan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnya, dan juga orang yang memperkenalkan perubahan-perubahan, inovasi, dan perbaikan produksi. Dengan kata lain, wirausaha adalah seseorang atau kelompok orang yang mengorganisit faktor faktor produksi meliputi alam, tenaga, modal, dan skill untuk tujuan produksi. Wirausaha harus memiliki kemampuan atau skill berwirausaha agar sukses dalam menjalankan usahanya.
  2. Kemdiknas (2010): Wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakter selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapai dan terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya, dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya. menjadi wirausaha harus jeli dalam menangkap peluang usaha yang ada.
  3. Inpres No. 4 Tahun 1995: Wirausaha adalah pejuang yan gagah, kekar, berani, dan pantas jadi teladan dalam bidang usaha. Dengan kata lain, wirausaha adalah orang yang mempunyai sifat kewirausahaan seperti, keberanian mengambil risiko, keutamaan, kreeatifitas, dan keteladanan dala menangani usaha atau perusahaan dengan berpijak pada kemauan dan kemampuan sendiri. Selain itu, wirausaha juga harus mampu mengenali peluang dan selalu inovatif mengikuti perkembangan zaman.

Post a Comment

Previous Post Next Post