Karakter Wirausaha


1) Kemampuan Mengenali Peluang Usaha
Kemampuan mengenali peluang usaha penting dalam proses wirausaha terutama dalam pengembangan suatu usaha. Peluang usaha adalah kesempatan bagi wirausaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang belum terpuaskan. Peluang usaha yang baik tidak akan muncul begitu saja, tetapi dihasilkan dari kewaspadaan seorang wirausaha terhadap berbagai kemungkinan yang ada. Contoh seorang wirausaha yang selalu mengamati kebiasaan anak sekolah zaman sekarang, merupakan cara yang digunakannya untuk mencari tahu kebutuhan-kebutuhan masa kini yang disukai olwh pelajar atau remaja.

Pengenalan suatu peluang biasanya dihasilkan dari pengetahuan dan pengalaman pribadi seorang wirausaha dalam menjalankan proses usaha. Pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya merupakan hasil dari kombinasi antara penididkan dan pengalaman yang relevan dengan usaha yang digelutinya. Faktor lain yang juga penting dalam proses mengenali peluang adalah kewaspadaan (entrepeneurial aletrtness) dan jejaring kewirausahaan (entrepreneurial networks).

2) Berani Mengambil Risiko
Keberanian meghadapi risiko yang didukung komitmen yang kuat, mendorong wirausaha untuk terus berjuang mencari peluang sampai memperoleh hasil. Kemauan dan kemampuan untuk mengambil risiko secara tepat, maka keuntungan usaha justru akan diperoleh. Banyaknya risiko yang ditemui seharusnya membuat seorang wirausaha justru selalu berusaha untuk memperhitungkan strategi usaha dengan cerdas, agar dapat meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan.

3) Memiliki Kreatifitas Tinggi
Seorang wirausaha harus memiliki ide-ide baru yang dihasilkan dari suatu kreatifitas. Kreatifitas inilah yang akan membawa wirausaa untuk berinovasi terhadap usahanya. Kreatifitas merupakan kemampuan untuk menghasilkan ide baru dengan menggabungkan, mengubah, atau meodifikasi ide yang telah ada. Kreatifitas juga merupakan sika, kemampuan untuk menerima perubahan dan kebaruan, keberanian untuk bermain dengan ide dan berbagai kemungkinan, dan fleksibilitas dalam cara pandang.

Kreatifitas juga dapat diartikan sebagai proses, orang yang kreatif akan bekerja keras dan terus-menerus meningkatkan ide dan solusi, dengan membuat perubahan dan perbaikan secara bertahap terhadap karya-karya mereka. Sebuah produk disebut kreatif ketika produk itu "baru" dan "tepat". Poduk yang baru merupakan produk yang orisinil, sedangkan produk yang tepat adalah yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan tepat waktu.

Salah satu karakter utama yang haru dimiliki seorang wirausaha yaitu memiliki kemampuan mengenali peluang usaha. Terdapat banyak cara wirausaha yaitu memiliki kemampuan mengenali peluang usaha. Terdapat banyak cara wirausaha untuk mengenali dan menciptakam peluang usaha.

4) Memiliki Kemampuan Berinovasi
Menurut Okpara (2007), Inovasi merupakan proses menambahkan sesuatu yang baru terhadap suatu produk atau proses yang ada. Produk atau proses yang telah dibuat sebelumnya mungkin telah berlangsung ukup baik. Ketika dilakukan perubahan agar produk atau prosesnya menjadi lebih baik, maka saat itu terjadi inovasi. Inovasi aalah keberhasilan dalam mengeksploitasi ide-ide baru. Inovasi adalah kunci untuk melakkan pengembangan pada perusahaan, wilaya, atau bahkan pengembangan suatu negara.

5) Selalu komitmen dalam pekerjaan, memilki etos kerja dan tanggung jawab
Seorang wirausaha harus memiliki iwa komitmen dalam usahanya dan tekad yang bulat di dalam menjalankan usahanya. Seorang wirausaha yang sukses terus memiliki tekad dan semangat yang tinggi dalam mengembangkan usahanya.

6) Memiliki Jiwa Kepemimpinan
Seorang wirausaha yang berhasil selalu memiliki sifat kepemimpinan, kepeloporan dan keteladanan, selalu ingin tampil berbeda, lebih dahulu, lebih menonjol. Dengan menggunakan kemampuan kreatifitas dan inovasi, seorang wirausaha selalu menampilkan barang dan jasa yang dihasilkannya lebih cepat, lebih dahulu dan segera berada di pasar. Wirausaha yang berhasil memiliki kemampuan untuk menggunakan pengaruh tanpa kekuatan (power), seorang pemimpin harus memiliki taktik mediator dan negotiator.

7) Mandiri dan Tidak Bergantung Kepada Orang Lain
Seorang wirausaha harus mempunyai kemampuan kreatif di dalam mengembangkan ide dan pikirannya terutama di dalam menciptakan peluang usaha di dala dirinya, dia dapat mandiri menjalankan usaha yang digelutinya tanpa harus bergantung pada orang lain.

Post a Comment

Previous Post Next Post